21 Juli 2008

tips mudah agar tidur nyenyak malam hari

Begadang sampai malam gara-gara sekedar chatting berjam-jam misalnya akan mengganggu kesehatan kita seperti membuat badan lemas dan tenaga berkurang karena kurang tidur. Agar anda bisa tidur nyenyak di malam hari dan tentunya membuat badan menjadi lebih sehat dan bugar, lakukan tips berikut ini :
1. Pastikan kamar dibuat segelap mungkin. Ini bisa berarti mata anda ditutup, atau ditutup tirai. Ruangan haruslah tenang.Suhu ruangan yang baiknya dibuat adem dan segar dengan suhu 27?C atau dibawahnya
2. Pastikan bahwa anda tengah membereskan isu atau menyembuhkan luka yang membuat anda tercampak atau menjatuhkan diri, tenangkan pikiran. Meditasi atau relaksasi sangat membantu dalam proses menenangkan pikiran dan menjauhkan sejenak masalah-masalah yang dihadapi dalam sehari.

3.Jangan makan protein di malam hari karena itu dapat menyebabkan anda tetap terjaga . makanlah makanan yang mengandung karbohidrat ringan pada satu atau dua jam sebelum jam tidur, seperti biskuit atau kue muffin, untuk mendapatkan tryptophan yang dialirkan ke otak melalui makanan yang anda makan sepanjang hari.

4. Setelah makan malam, ambil kegiatan seperti berjalan-jalan atau melakukan sejumlah olahraga, namun lakukan semua ini paling tidak 3 jam sebelum jam tidur anda.. Olahraga yang lebih cepat dapat menolong anda menjadi relaks.
5. sebelum anda siap untuk beristirahat, minumlah setengah cangkir teh herbal yang mengandung tumbuh-tumbuhan herbal atau kamomile.
6. Ubahlah apa yang anda konsumsi. Jangan minum/makan sesuatu yang mengandung kafein sebelum malam tiba. Coklat, teh, kopi, minuman cola dan berbagai minuman yang mengandung kafein
7. Cukup sinar matahari dibutuhkan sepanjang hari untuk mengatur siklus tidur.
8. Jangan pergi ke tempat tidur untuk menonton televisi. Jika anda anda tidak dapat tidur, pergilah ke ruangan lain dan coba membaca hingga anda mengantuk.

9. jika anda terbangun di tengah malam, jangan hidupkan lampu, atau mencari tahu jam berapa saat itu.
Pergilah ke tempat tidur pada jam yang sama setiap malam dan bangun juga pada saat yang sama. semoga tips ini bisa membantu kurang tidur Anda menjadi hidup selalu sehat dan bahagia.

Posting Komentar