25 Juli 2008

Tips Mengisi Bensin/BBM Kendaraan

saya seringkali mendapatkan tips menarik dari forward teman-teman yang rutin mengirimkan tips-tips berbagai hal dalam kehidupan. salah satu email forward yang sepertinya sangat menarik adalah tips cara mengisi bensin, sangat tepat disaat harga BBM melonjak naik sehingga tips untuk menghemat pengeluaran bensin meski sederhana tentu patut dicoba. tetapi perlu diingat tips ini mungkin belum ada riset atau penelitian ilmiah atau mungkin saya yang belum tahu tentang risetnya. menurut saya tips ini sangat masuk akal ;

- ISILAH MOBIL ATAU MOTOR ANDA DI SPBU DENGAN BAHAN BAKAR PADA WAKTU HARI MASIH PAGI KETIKA TEMPERATUR TANAH

MASIH DINGIN. perlu diingat semua SPBU mempunyai tanki penyimpanan di bawah tanah. Semakin dingin tanahnya maka semakin kental bahan bakarnya. Jika temperatur mulai panas/hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang. sehingga jika mengisi bahan bakar pada siang hari atau petang hari……..sebenarnya bahan bakar yang diisikan ke dalam tanki kendaraan jelas lebih sedikit dibanding jumlah liter yang anda beli.

- SALAH SATU YANG PALING PENTING ADALAH ISI BAHAN BAKAR SAAT TANKI KENDARAAN ANDA MASIH SETENGAH PENUH.


Alasannya adalah semakin banyak bahan bakar yang ada di tanki kendaraan, maka semakin sedikit udara yang ada di bagian tanki yang kosong. Bensin menguap lebih cepat dari pada yang bisa kita bayangkan.

- YANG PERLU DIINGAT LAGI, JANGAN ISI BENSIN JIKA ADA TRUK BAHAN BAKAR SEDANG MENGISI TANKI PENYIMPANAN


Hampir pasti bensin/solar akan teraduk saat bahan bakar dipompakan dari truck ke tanki penyimpanan, dan kemungkinannya akan ada kotoran di dasar tanki penyimpanan yang teraduk naik dan terikut masuk ke tanki kendaraan anda.

SEMOGA TIPS INI BISA BERMANFAAT

Posting Komentar