25 Juli 2008

belanja buku online di internet

sekolah atau kuliah tentu tidak terlepas dari kebutuhan pengadaan buku referensi, bahkan saat ini pengadaan buku pelajaran atau referensi harus sudah dimasukkan dalam pos budget penting dan pokok selain sumbangan pendidikan dan biaya hidup selama studi khususnya bagi orang tua yang masih membiayai studi anaknya.

belanja buku online mungkin belum menjadi tren di Indonesia, mungkin hal ini dikarenakan masyarakat masih awam tentang cara bertansaksi yang aman di internet. apalagi sering diberitakan di media massa tentang terjadinya penipuan transaksi jual beli di internet. tetapi terlepas dari pemberitaan negatif, dunia internet memberikan segudang manfaat dan kemudahan dalam berbagai segi kehidupan termasuk berbelanja online. hanya saja masyarakat perlu sosialisasi dan pemahaman yang baik tentang bagaimana memanfaatkan teknologi internet untuk kehidupan sehari-hari selain juga penyediaan infrastuktur internet yang baik oleh pemerintah.

apa kelebihan berbelanja di internet ?
selama masa kuliah, saya mungkin termasuk yang sudah terbiasa berbelanja melalui internet. beberapa buku yang mungkin sulit saya cari dan bahkan tidak ada di toko buku terdekat bisa saya cari cukup beberapa menit dan tinggal menunggu tiga hari sampai di rumah . apalagi domisili saya bukan di kota besar seperti surabaya yang tentunya toko buku di daerah saya sangat terbatas, walaupun ada toko buku biasanya hanya menjual buku-buku umum bukan buku referensi kuliah.

apakah berbelanja buku online mahal ? harga buku di internet hampir sama dengan harga buku di toko buku biasa bahkan saya seringkali mendapatkan harga yang lebih murah. kalaupun setelah ditambah ongkos kirim, saya hitung harga dengan beli di toko buku biasa harganya hampir sama. dan agar lebih murah lagi biasanya saya belanja lebih dari satu agar ongkos kirim tidak lebih banyak. saya juga usahakan penjual toko buku online lebih dekat dari kota domisili saya misalnya surabaya meski seringkali saya lebih banyak menemukan buku yang saya cari dari toko buku online di jakarta dan sekitarnya tapi yang penting saya menemukan buku yang saya cari tanpa bersusah-payah keluar rumah.
kalau ada yang mudah kenapa dibuat susah ?. gitu aja kok repot :)

Posting Komentar