24 Juli 2008

pemadaman bergilir itu sudah biasa !

ketika lagi asyiknya berselancar di Internet malam hari tiba-tiba semuanya jadi gelap tidak terlihat apa-apa, seluruh penghuni rumah mendadak berteriak histeris. magrib itu listrik kembali padam. tidak ada pemberitahuan sebelum dan memang seringkali tidak pernah diumumkan jika akan terjadi pemadaman bergilir. tapi untungnya jika malam hari, pemadaman diberlakukan lebih cepat. jika pemadaman dimulai magrib, sekitar jam 9 malam atau kurang biasanya sudah kembali menyala.

pemadaman bergilir akhir-akhir ini atau sejak sekitar 2 bulan yang lalu diberlakukan rutin di seluruh pulau jawa dan bahkan luar jawa atau bisa diartikan seluruh Indonesia. demikianlah keadaan krisis energi yang dialami oleh Indonesia. mulai dari rumah tangga, pabrik dan seluruh masyarakat kini sudah pasrah setelah sebelumnya protes dan mengeluh akan keadaan ini. krisis energi merupakan isu tambahan yang akan isu krisis sumber daya lainnya seperti minyak yang harganya kini melonjak tinggi membuat harga BBM harus dipaksa naik.

hal terpenting yang seharusnya dilakukan bangsa ini dalam menghadapi berbagai masalah ini adalah tidak lain maju terus memaksimalkan potensi dan berinovasi mengembangkan energi alternatif. tidak ada waktu untuk mengeluh dan protes yang justru membuang-buang energi yang tersisa mengakibatkan kita tidak mampu kembali bangkit dari keterpurukan. sebagai masyarakat selayaknya kita memberikan dukungan dalam segi dan hal apapun demi mengatasi masalah-masalah ini. mari bersama kita bisa !

Posting Komentar