01 Februari 2008

Mahasiswa akuntansi ikut ngeblog

Sebelumnya kami tim HIMASI Media Blog mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT, Pihak Lembaga AAk Jember dan Rekan-rekan mahasiswa yang telah mendukung kami hingga terbentuknya blog sederhana yang kami sebut "HIMASI Media Blog" sebagai wadah kreativitas dan aspirasi Mahasiswa. blog ini sebenarnya sudah dibuat pada bulan Nopember 2007 lalu. dalam dua bulan setelah pembuatan kami masih melakukan perbaikan-perbaikan, uji coba dan optimasi (tahap beta) hingga pada bulan Januari ini kami menganggap bahwa blog ini sudah tahap final dan perlu sosialisasi agar blog ini mendapatkan partisipasi dan kontribusi yang diharapkan.

Blog, makhluk apaan tuh?
di dunia maya situs/website identik dengan rumah yang didirikan diatas 'tanah' hosting yang disewakan dengan 'alamat' domain tertentu seperti www.google.com . awalnya hanya perusahaan besar yang memiliki situs. dengan semakin murahnya harga hosting & domain dan berkembangnya teknologi internet, situs bisa dimiliki secara personal. dan yang lebih dahsyat lagi adalah munculnya teknologi blog yang pada awalnya ditujukan sebagai jurnal pribadi online. Blog kini semakin populer dan berkembang, bahkan kebanyakan situs-situs corporate memiliki fasilitas blog hosted yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjungnya seperti blogger.com milik google.com, 360.yahoo.com, blog.indosiar.com, blog2.plasa.com dan situs-situs besar lainnya. saat ini telah ada 110 juta blog dengan rata-rata 120 ribu blog dibuat dan 1,5 juta posting konten setiap hari (CNET). saya tidak tahu apa akibat dari pertumbuhan blog yang sangat cepat melebihi pertumbuhan penduduk ini, mungkin para pakar ekonomi bisa menjelaskan :).

"blog sebagai pusat kehidupan" Lantas mengapa blog begitu populer? banyak pendapat yang berbeda dalam menjelaskan mengenai blog. karena saya termasuk newbie baru mengenal blog tentu tidak pantas jika membuat pengertian sendiri. tapi dari fasilitas yang ada dalam sebuah blog bisa dijelaskan beberapa kelebihannya dibandingkan situs biasa. kelebihan blog adalah pembuatannya yang mudah, murah (atau bahkan gratis untuk blog hosted) dan instan tanpa perlu kemampuna teknik tinggi, kontennya yang sering terupdate karena kemudahan menambahkan konten baru menjadikan blog begitu dinamis, dan yang sangat evolusioner adalah blog mengijinkan orang untuk meninggalkan komentar sehingga tampak interaktif dan hal inilah yang membuat blog menjadi sebuah alat komunikasi yang bisa diandalkan sebagai sumber informasi dan ide menghubungkan antar manusia di berbagai belahan dunia. penguni dunia maya kini tidak perlu bermimpi lagi untuk memiliki 'rumah pribadi' di dunia maya karena sudah ada paket 'Rumah' Sangat Sederhana yang gratis/ murah bernama BLOG. tinggal satu pertanyaan terakhir..../KAPAN NGEBLOG ?/.

1 komentar: