01 September 2008

Pembelanjaan

Pembelanjaan : suatu usaha menyangkut bagaimana perusahaan harus mengorganisir untuk mendatpatkan dana, bagaimana mendapatkan dana, bagaimana menggunakan dana dan bagaimana laba perusahaan akan didistribusikan




Fungsi pokok bagi manajer keuangan / manajer pembelanjaan keuangan : bahwa seorang manajer itu bertanggung jawab baik mengumpulkan maupun mengeluarkan uang.




Dalam perusahaan harus terpelihara adanya keseimbangan, keuangan yang menguntungkan untuk mendukung perkembangannya.dan keseimbangan itu terjadi antara kekayaan, dan disatu pihak dengan utang dan modal dilain baik secara kualitatif dan kuantitatif.




Keseimbangan kuantitatif adalah keseimbangan nilai rupiah antara kekayaan dengan utang dan modal yang memerlukan persyaratan-persyaratan tertentu.




Keseimbangan kualitatif adalah keseimbangan antara elemen-elemen kekayaan dengan elemen utang dan modal perusahaan.




Cara menentukan keseimbangan keuangan.


1. dengan menentukan besarnya kekayaan sehingga jumlah dana yang akan digunakan dapat diketahui


2. kemudian baru menentukan sumber dananya apakah cukup dengan modal sendiri / perlu cari pinjaman (utang)




metode pengglongan untuk penggunaan dana.


1. pengunaan jangka panjang dan jangka pendek.


a. Penggunaan jangka pendek dapat sebagai aktiva lancar atau sebagai elemen kekayaan. Dapat mengunakan uang kas dan kurang dari satu tahun.


b. Penggunaan jangka panjang dapat dengan aktiva tetap yaitu berupa elemen yang tidak dapat ditukarkan dalam bentuk kas selama periode satu tahun.


c. Penggunaan dalam jangka pendek


d. Penggunaan dalama jangka pendek


1. kas : dana yang ada dalam perusahaan yang mana tidak seluruhnya berupa uang tunai. Tetapi dapat berwujud cek yang dapat dicairkan (diuangkan) setiap saat di bank.


Posting Komentar